Sabtu, 03 Desember 2011
Evaluasi Pembelajaran
• Evaluasi pembelajaran
1. Evaluasi pembelajaran adalah proses atau kegiatan untuk menentukan kemajuan pendidikan, dibandingkan dengan tujuan yang telah ditentukan
2. Usaha untuk memperoleh informasi berupa umpan balik (feedback) bagi penyempurnaan pendidikan
3. Tujuan evaluasi dalam pendidikan yaitu:
a. Mengetahui penguasaan materi peserta didik
b. Mengetahui tingkat efisiensi dan efektifitas strategi pengajaran ( metode dan teknik belajar mengajar)
c. Mengetahui kesesuaian kemajuan prestasi peserta didik dan program yang telah diterapkan
d. Mengetahui kebermanfaatan dari meteri pelajaran
e. Dasar sertifikasi bagi peserta
4. Komponen-komponen yang meliputi yaitu:
a) Tujuan
b) Materi
c) Metode
d) Media
e) Evaluasi
5. Prinsip-prinsip pembelajaran
a. Valid: informasi harus akurat
b. Mendidik:sumbangan positif bagi yang berhasil atau gagal
c. Berorientasi pada kompetensi menilai seperti yang dimaksud kurikulum
d. Adil: tidak membedakan latarbelakang siswa
e. Terbuka: kriteria penilaian dan dasar pengambilan keputusan harus terbuka
f. Berkesinambungan: dilaksanakan secara terencana bertahap terus menerus
g. Menyeluruh : dilakukan dengan berbagai teknik dan proses
h. Bermakna: berguna dan dapat ditindaklanjuti
1. Evaluasi pembelajaran adalah proses atau kegiatan untuk menentukan kemajuan pendidikan, dibandingkan dengan tujuan yang telah ditentukan
2. Usaha untuk memperoleh informasi berupa umpan balik (feedback) bagi penyempurnaan pendidikan
3. Tujuan evaluasi dalam pendidikan yaitu:
a. Mengetahui penguasaan materi peserta didik
b. Mengetahui tingkat efisiensi dan efektifitas strategi pengajaran ( metode dan teknik belajar mengajar)
c. Mengetahui kesesuaian kemajuan prestasi peserta didik dan program yang telah diterapkan
d. Mengetahui kebermanfaatan dari meteri pelajaran
e. Dasar sertifikasi bagi peserta
4. Komponen-komponen yang meliputi yaitu:
a) Tujuan
b) Materi
c) Metode
d) Media
e) Evaluasi
5. Prinsip-prinsip pembelajaran
a. Valid: informasi harus akurat
b. Mendidik:sumbangan positif bagi yang berhasil atau gagal
c. Berorientasi pada kompetensi menilai seperti yang dimaksud kurikulum
d. Adil: tidak membedakan latarbelakang siswa
e. Terbuka: kriteria penilaian dan dasar pengambilan keputusan harus terbuka
f. Berkesinambungan: dilaksanakan secara terencana bertahap terus menerus
g. Menyeluruh : dilakukan dengan berbagai teknik dan proses
h. Bermakna: berguna dan dapat ditindaklanjuti
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar