A. Tujuan Pembelajaran
B. Materi Pembelajaran
C. Metode Pembelajaran
- Informasi
- kerja mandiri
- eksplorasi
- Diskusi
- ceramah
- penugasan
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas dan menanyakan kepada para siswa beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan kebudayaan. b. Memotivasi Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan mempelajari kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat. c. Rambu-rambu belajar Siswa memperhatikan skema kelompok sosial dalam masyarakat. | | |
2. | Kegiatan Intia. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hakikat kelompok sosial dan tipe-tipe kelompok sosial. b. Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 139 dan 146. c. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mereka mendiskusikan perbedaan antar kelompok sosial, organisasi sosial, dan lembaga sosial! d. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi klasikal. e. Siswa dan guru menyimpulkan hasil diskusi kelas. | | |
3. | Kegiatan Akhira. Siswa dan guru membuat rangkuman materi tentang kelompok sosial. b. Siswa melakukan post test berupa pertanyaan essey. c. Siswa diberi tugas untuk mengamati masyarakat di daerahnya sendiri kemudia membuat laporannya. Laporannya bisa dibuat dengan pola yang ada dalam buku halaman 146. | | |
Pertemuan II
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mengumpulkan tugas laporan pengamatan masyarakat yang ada di daerah siswa. b. Memotivasi Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan tujuan menjalin hubungan dalam kelompok sosial. c. Rambu-rambu belajar Siswa memperhatikan gambaran guru tentang hubungan antarkelompok dalam masyarakat. | | |
2. | Kegiatan Intia. Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan kelompok-kelompok sosial yang ada dalam masyarakat. b. Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang hubungan antarkelompok dalam masyarakat. c. Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 151. d. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan kasus yang ada dalam buku halaman 151. e. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. f. Siswa dan guru membuat kesimpulan atau rangkuman tentang materi yang dipelajari bersama. | | |
3. | Kegiatan Akhir a. Siswa mengerjakan latihan atau evaluasi dalam buku halaman 153-156. b. Siswa diberi tugas untuk mencari bahan tentang kelompok mayoritas dan minoritas. Dan bagaimana pola hubungan kelompok sosial tersebut. | | |
Pertemuan III
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluand. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan hasil laporan siswa tentang unsur-unsur kebudayaan dan dinamikanya. e. Memotivasi Siswa mendengarkan maksud diadakan ulangan blok. f. Rambu-rambu belajar Siswa mendapat penjelasan cara-cara pengerjaan ulangan blok. | | |
2. | Kegiatan Inti a. Siswa mendapatkan soal-soal ulangan. b. Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan. c. Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai. | | |
3. | Kegiatan Akhir a. Siswa dan guru menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa. b. Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok. | | |
No. | Nama | ASPEK PENILAIAN | Total nilai | Presentasi | ||||
Sikap | Keaktifan | Wawasan | Kemampuan mengemukakan pendapat | Kerja sama | ||||
| | | | | | | | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar