A. Tujuan Pembelajaran
B. Materi Pembelajaran
C. Metode Pembelajaran
- Informasi
- kerja mandiri
- eksplorasi
- Diskusi
- ceramah
- penugasan
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas dan menanyakan kepada para siswa beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan mobilitas atau sosiologi. b. Memotivasi Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan mempelajari kebudayaan dalam masyarakat. c. Rambu-rambu belajar Siswa memperhatikan skema kebudayaan yang akan dipelajari oleh para siswa. | ||
2. | Kegiatan Intia. Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru seputar kebudayaan. Misalnya, kebiasaan, adat-istiada dalam suatu masyarakat, dan agama. b. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hakikat kebudayaan. c. Siswa membuat laporan hasil pengamatannya tentang kebudayaan dalam masyarakatnya. d. Siswa mengerjakan tugas atau latihan ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 115. | ||
3. | Kegiatan Akhira. Siswa dan guru membuat rangkuman tentang hakikat kebudayaan. b. Siswa diberi tugas untuk mewawancarai pemuka masyarakat di lingkungannya tentang kebudayaan yang berlaku dalam masyarakatnya. |
Pertemuan II
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru mengumpulkan tugas hasil wawancara tentang kebudayaan. Kemudian guru, mengumpan balik dengan pertanyaan tentang hakikat kebudayaan. b. Memotivasi Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan mempelajarai hubungan kebudayaan dengan masyarakat dan dinamika unsur-unsur kebudayaan. c. Rambu-rambu belajar Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang hubungan antara unsur-unsur kebudayaan dalam masyarakat dan dinamikanya dalam masyarakat. | ||
2. | Kegiatan Intia. Siswa memperhatikan unsur-unsur kebudayaan yang ditunjuk oleh guru berupa unsur material kebudayaan. Misalnya, gambar candi, alat pertanian, dan orang sedang berdoa. b. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hubungan antara unsur-unsur kebudayaan dalam masyarakat dan dinamika unsur-unsur kebudayaan tersebut. c. Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 125 dan 128. d. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Kemudian, mereka mendiskusikan artkel dalam buku halaman 128-129. e. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru memandu diskusi secara klasikal. f. Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang hasil diskusi kelompok. | ||
3. | Kegiatan Akhir a. Siswa dan guru membuat rangkuman atas seluruh materi yang telah dipelajari bersama. b. Siswa diberi tugas untuk mengamati lingkungan masyarakatnya dan membuat laporan tentang unsur-unsur kebudayaan. Siswa juga diberi tugas untuk mengerjakan soal-soal evaluasi seperti yang ada dalam buku halaman 130-134. |
Pertemuan III
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1. | Pendahuluand. Apresepsi Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan hasil laporan siswa tentang unsur-unsur kebudayaan dan dinamikanya. e. Memotivasi Siswa mendengarkan maksud diadakan ulangan blok. f. Rambu-rambu belajar Siswa mendapat penjelasan cara-cara pengerjaan ulangan blok. | ||
2. | Kegiatan Inti a. Siswa mendapatkan soal-soal ulangan. b. Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan. c. Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai. | ||
3. | Kegiatan Akhir a. Siswa dan guru menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa. b. Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok. |
No. | Nama | ASPEK PENILAIAN | Total nilai | Presentasi | ||||
Sikap | Keaktifan | Wawasan | Kemampuan mengemukakan pendapat | Kerja sama | ||||
No | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Skor/ Jumlah | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||
- Kemampuan menyampaikan pendapat.
- Kemampuan memberikan argumentasi.
- Kemampuan memberikan kritik.
- Kemampuan mengajukan pertanyaan.
- Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
- Kelancaran berbicara.
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No | Nama Siswa | Kriteria Penilaian | Jumlah Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | |||||||
2 | |||||||
dst |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar