Selasa, 27 Desember 2011

Rpp Sosiologi Kelas XI-1


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Satuan Pendidikan                         : SMA 5 Tegal
Kelas                                               : XI
Semester                                         : 1 / Gasal
Program                                          : IPS / Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran                                : Sosiologi
Jumlah Pertemuan                          : 1 x Pertemuan


A.    Standar Kompetensi
Memahami Struktur Sosial Serta Berbagai Faktor Penyebab Konflik dan Mobilitas Sosial

B.     Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan masyarakat

C.    Indikator
1.      Mengidentifikasi wujud-wujud Stratifikasi Sosial
2.      Mengidentifikasi kriteria Stratifikasi Sosial
3.      Menjabarkan tentang wujud Stratifikasi Sosial
4.      Menjelaskan proses terjadinya kriteria Stratifikasi Sosial





D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran siswa dapat     :
1.      Mengidentifikasikan wujud Startifikasi Sosial
2.      Mengidentifikasi kriteria Stratifikasi Sosial
3.      Menjabarkan tentang wujud Stratifikasi Sosial
4.      Menjelaskan tentang terjadinya kriteria Stratifikasi Sosial


E.     Materi Pembelajaran
1.      Definisi wujud Starifikasi Sosial
2.      Definisi kriteria Stratifikasi Sosial
3.      Wujud dari Stratifikasi Sosial
4.      Kriteria Stratifikasi Sosial

F.      Alokasi Waktu     : 2 x 45 menit (90menit)

G.    Model Pembelajaran
Menggunakan model pembelajaran Jigsaw

H.    Kegiatan Pembelajaran
No
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Keterangan
1
Pendahuluan/Kegiatan Awal
Ø Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti pembelajaran
Ø Memberikan penjelasan singkat tentang materi yang akan dipelajari, kemudian, guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari

Ø Memberikan motivasi singkat pada peserta didik

Ø Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan di capai

Ø Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus


2
Kegiatan Inti
Ø Melibatkan peserta didik untuk mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik wujud dan kriteria stratifikasi sosial yang akan dipelajari dengan dengan menggunakan aneka sumber
Ø Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antra peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya
Ø Melibatkan peserta didik aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
Ø Guru membagi kelas menjadi 4 kelompok, dengan anggota 4 kelompok yang masing-masing kelompok berisikan peserta didik yang aktif dan kurang aktif secara merata dan adil
Ø Tiap orang dalam tim diberi materi dan tugas yang berbeda sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai
Ø Anggota dari tim yang berbeda dengan penugasan yang sama membentuk kelompok baru (kelompok ahli)
Ø Setelah kelompok ahli berdiskusi, tiap anggota kembali ke kelompok asal dan menjelaskan kepada anggota kelompok tentang sub-sub yang akan mereka kuasai
Ø Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi
Ø Pembahasan




3
Penutup/ Kegiatan Akhir
a.    Merangkum
Ø Peserta didik membuat rangkuman hasil diskusi yang telah dilakukan
b.   Refleksi
Ø Peserta didik dan guru membuat rangkuman atau simpulan belajar tentang wujud dan kriteria Startifikasi Sosial. Peserta didik mencatat beberapa hal yang penting yang disampaikan oleh guru
c.    Umpan Balik
Ø Guru  memberikan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan isyarat maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
d.   Tindak Lanjut
Ø Untuk tugas individu, peserta didik diberi tugas individu yang dapat dikerjakan mandiri di rumah
Ø  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Ø Lalu guru memberikan tugas agar membaca materi selanjutnya tentang Stratifikasi Sosial pada masa jepang, feodal, belanda, modern.






I.       Metode Pembelajaran
1.      Informasi
2.      Kerja mandiri
3.      Bermain peran
4.      Tugas mandiri

J.      Media Pembelajaran
Gambar berbagai sistem kasta yang ada di masyarakat

K.    Sumber Bahan
1 Sosiologi Bilingual kelas XI dll
2. Buku Sosiologi SMA Kelas 2, Jilid 2 ERLANGGA
3. Media Massa: cetak dan elektronik 
4. Sumber Buku Lembar Kerja Siswa Pintar  
5. Gambar berbagai Sistem kasta yang ada di masyarakat
6. Masyarakat setempat

L.     Penilaian
1.      Tes tulisan
2.      Penilaian dalam proses pembelajaran




Mengetahui                                                                                            Semarang,




Kepala Sekolah                                                                              Guru Bidang Studi



                                                                                    










                                             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar