No | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Keterangan |
1 | Pendahuluan/Kegiatan Awal Ø Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti pembelajaran Ø Memberikan penjelasan singkat tentang materi yang akan dipelajari, kemudian, guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari Ø Memberikan motivasi singkat pada peserta didik Ø Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan di capai Ø Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus | ||
2 | Kegiatan Inti Ø Melibatkan peserta didik untuk mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik wujud dan kriteria stratifikasi sosial yang akan dipelajari dengan dengan menggunakan aneka sumber Ø Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antra peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya Ø Melibatkan peserta didik aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran Ø Guru membagi kelas menjadi 4 kelompok, dengan anggota 4 kelompok yang masing-masing kelompok berisikan peserta didik yang aktif dan kurang aktif secara merata dan adil Ø Tiap orang dalam tim diberi materi dan tugas yang berbeda sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai Ø Anggota dari tim yang berbeda dengan penugasan yang sama membentuk kelompok baru (kelompok ahli) Ø Setelah kelompok ahli berdiskusi, tiap anggota kembali ke kelompok asal dan menjelaskan kepada anggota kelompok tentang sub-sub yang akan mereka kuasai Ø Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi Ø Pembahasan | ||
3 | Penutup/ Kegiatan Akhir a. Merangkum Ø Peserta didik membuat rangkuman hasil diskusi yang telah dilakukan b. Refleksi Ø Peserta didik dan guru membuat rangkuman atau simpulan belajar tentang wujud dan kriteria Startifikasi Sosial. Peserta didik mencatat beberapa hal yang penting yang disampaikan oleh guru c. Umpan Balik Ø Guru memberikan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan isyarat maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik d. Tindak Lanjut Ø Untuk tugas individu, peserta didik diberi tugas individu yang dapat dikerjakan mandiri di rumah Ø Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya Ø Lalu guru memberikan tugas agar membaca materi selanjutnya tentang Stratifikasi Sosial pada masa jepang, feodal, belanda, modern. |
Kepala Sekolah Guru Bidang Studi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar