Sabtu, 03 Desember 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN INOVATIF
(RPP)
NAMA UNIVERSITAS : MA PPMI Assalaam Sukoharjo
MATA PELAJARAN : Konflik Dan Integrasi Nasional
SEMESTER : 2
ALOKASI WAKTU : 9x100 menit
KOMPETENSI DASAR : 1.1 Menjelaskan tentang konflik dan integrasi nasional
I. INDIKATOR
 Kognitif
a. Produk
• Mendeskripsikan tentang paradigm konflik dan integrasi nasional
• Menganalisis konflik yang terjadi di masyarakat
• Mengetahui macam-macam konflik
• Mengetahui cara mengatasi konflik yang terjadi di masyarakat

b. Proses
- Melakukan simulasi tentang paradigma konflik, dasar teori konflik,asumsi dasar konflik, pendekatan penyelesaian konflik, macam-macam konflik,konflik menurut hubunganya dengan tujuan organisasi,konflik menrut hubunganya dengan posisi pelaku yang berkonflik
- Melakukan simulasi konflik menurut hubunganya dengan struktur, konflik menurtut hubungannya dengan sifat dari pelaku yang berkonflik
 Afektif
a. Karakter
Jujur, peduli, tanggungjawab, bekerjasama, jiwa sosial, percaya diri, terbuka dan mendengarkan pendapat teman dalam pembelajaran konflik dan integrasi nasional
b. Keterampilan social
Bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dalam pembelajaran konflik dan integrasi nasional
 Psikomotor
Kemampuan untuk memformulasikan tentang paradigm konflik,dasar teori konflik, pendekatan penyelesaian konflik, macam-macam konflik, konflik menurut hubungannya dengan tujuan organisasi, konflik menurut hubunganya dengan posisi pelaku yang berkonflik,konflik menurut hubungannya dengan struktur,konflik menurut hubungannya dengan sifat pelaku yang berkonflik.

II. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.1 Siswa dapat menjelaskan tentang konflik dan integrasi
Nasional

III. MATERI PEMBELAJARAN
• Persyaratan keorganisasian untuk proses dari kata yang sederhana bagi dokumen
• Kamus bahasa indonesia

IV. METODE PEMBELAJARAN
1. pretest
2. Ceramah bervariasi
3. Diskusi
4. Praktek
5. Tanya jawab
6. Tugas


LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan awal (+ 15 menit)

Kegiatan Penilaian oleh Pengamat
1 2 3 4
Memotivasi siswa dengan memberikan contoh tentang konflik, Ketika guru menunjukkan contoh tersebut guru memulai diskusi dengan menanyakan kepada siswa “pernahkah kalian melihat konflik” dan pertanyaan-pertanyaan pengarah sejenis lainnya. Diharapkan selama diskusi dan tanya jawab tersebut, siswa menyumbang ide/ opini atau berpendapat, sementara siswa lain mendengarkan pendapat temannya dan terbuka ketika mendengarkan pendapat teman, serta tidak mencela pendapat teman dengan cara yang kasar.
Tanya jawab dan diskusi digunakan untuk mengarahkan siswa kepada tujuan pembelajaran yang meliputi kognitif, psikomotor dan afektif (Fase 1 MPK: memotivasi siswa dan menyampaikan tujuan pembelajaran).

Kegiatan Inti (+ 100 menit)

Kegiatan Penilaian oleh Pengamat
1 2 3 4
Dengan tanya jawab dan diskusi menggunakan gambar-gambar dan kasus (Media Power Point) memfasilitasi siswa dalam menemukan konsep bagaimana pemahaman siswa tentang konflik dan integrasi nasional (Fase 2 MPK).
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok kooperatif yang setiap kelompoknya terdiri dari 3 – 4 siswa. Selanjutnya membagikan tugas kepada tiap kelompok. Ketika mempresentasikan , guru membimbing siswa untuk peduli dengan cara memberikan kesempatan siswa untuk bertanya dalam diskusi dan berkomunikasi secara santun dengan anggota kelompok (Fase 3 MPK).
Membimbing siswa menetapkan konsep dan cara mengatasi konflik yang terjadi di masyarakat, dengan cara meminta siswa jujur mengatakan apa adanya bila belum dapat menentukan bagian yang harus diamati/ analisis, kemudian meminta siswa tertentu untuk peduli dengan cara menyumbang ide dalam membantu teman yang membutuhkan (Fase 4 MPK)
Membimbing siswa memahami tentang paradigma konflik dan integrasi nasional catatan. Guru perlu menekankan perlunya siswa secara jujur dengan mengatakan apa adanya ketika mereka belum memahami. Selain itu, perlu juga untuk memberikan pengalaman belajar agar yang pandai membantu teman yang membutuhkan bantuan (Fase 4 MPK)

Meminta setiap kelompok menunjukkan kreativitasnya dan berfikir logis dalam merumuskan deskripsi tentang konflik dan integrasi nasional untuk memahaminya. Setiap siswa didorong untuk peduli, bekerja sama dan ikut bertanggung jawab atas terselesaikannya tugas itu (Fase 5 MPK)

Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta satu-dua kelompok untuk secara bergiliran bertanggung jawab dan melakukan yang terbaik untuk mengkomunikasikan hasil kerja kelompoknya dengan mempresentasikan kinerjanya dan ditanggapi kelompok lain. Siswa yang menunjukkan toleransi terhadap perbedaan pendapat segera diberi pujian sebagai umpan balik agar karakter ini diikuti siswa lain. Siswa yang mencela ide teman secara tidak santun segera diingatkan agar tidak ditiru temannya (Fase 6 MPK)


Kegiatan Penutup (+ 20 menit)

Kegiatan Penilaian oleh Pengamat
1 2 3 4
Membimbing siswa, merangkum tentang konsep konflik dan integrasi nasional yang benar dan tepat untuk menghasilkan naskah atau dokumen dengan bantuan Media Slide Power Point.

Memberikan tugas rumah kelompok (3-4 orang) berupa melakukan penugasan kelompok untuk di presentasikan .

Sebagai pengayaan, siswa diminta mengerjakan kegiatan secara mandiri di LP 1 untuk memberikan latihan lanjutan tentang penerapan konflik dan integrasi nasional (Fase 7 MPK).

Keterangan bagi pengamat dalam menilai(Rubrik)
1: tidak dilakukan sama sekali (TIDAK BAIK)
2: sebagianbesar tidak dilakukan (KURANG BAIK)
3: sebagian besar dilakukan (CUKUP BAIK)
4: dilakukanseluruhnya sesuai skenario (BAIK)
Catatan: Evaluasi dilakukan pada saat pembelajaran dan diluar pembelajaran dengan menggunakan format LP1: Produk, LP 2: Proses, LP 3: Psikomotor, LP 4: Lembar pengamatan karakter dan LP 5: Lembar pengamatan keterampilan sosial
V. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
 Buku panduan tentang konflik dan integrasi nasional

 Dari sumber lain yang relevan

VI. PENILAIAN
1. Tes tertulis
2. Unjuk kerja
3. Penugasa


Mengetahui, Semarang, 4 Mei 2011
Kepala sekolah Guru Bidang Studi


Sigit Rahardja, S.Si Sri wahyuni, Spd
NIP. 19630802 198803 1 001 NIP. 19630802 198803 1002


Nama/Kelompok _______________________ Kelas: _________ T gl: _______________

LKS 1: TATA CARA DISKUSI KELOMPOK
Tujuan:
1. Mengetahui tentang paradigm konflik dan integrasi nasional
2. Menganalisis konflik yang terjadi di masyarakat
3. Mengetahui macam-macam konflik dan penyelesaianya
4. Menganalisis manfaat yang diperoleh siswa dari pembelajaran konflik dan integrasi nasional
Langkah Kerja:
1. Kerjakan permasalahan dibawah ini secara kelompok
2. Menganalisis persoalan yang dijadikan bahan diskusi
3. Diskusikan dan analisis permasalahan tersebut
4. Pelaporan hasil diskusi dan analisis


Soal 1


Analisis:
1. Jelaskan faktor-faktor sosial yang mempengaruhi integrasi di dalam masyarakat?
--------------------------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------------------------

2. Langkah-langkah apa saja yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi konflik antar Negara? Sebutkan dan jelaskan!
---------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------

3. Jelaskan pengertian tentang konflik dan integrasi nasional!
---------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------

1 komentar:

PoeR_Purwanti mengatakan...

1. Penulisan tentang RPP yang anda torehkan diblog anda sangat bermanfaat sekali bagi pembaca dalam menyusun RPP yang benar dan runtun.
2. Sebaiknya penulisan anda lebih ditata atau pengeditan dilakukan kembali sehingga pada bagian tertentu akan lebih rapi saja.
sekian, terima kasih
nb, kunjungi dan koment blog akuu jugaaa yaaa,,,tik,,

Posting Komentar